Mengenal Jenis-Jenis Tema Fotografi (coferONE Jepara) Bagi Pemula

Berhubung banyak yang kurang memahami jenis-jenis TEMA FOTO GRAFI, kali ini coferONE Jepara ingin berbagi beberapa pengertian tipe atau jenis fotografi. Silahkan di baca dan di pelajar. JADI teman-teman gak cuma main jebret foto sana sini doang, namun juga memahami dari TEMA itu sendiri :

Jenis-Jenis Tema Fotografi


1. Fotografi Jurnalistik

Fotogafi jurnalistik adalah salah satu jenis aliran fotografi yang mengutamakan sesuatu kejadian yang benar-benar terjadi, tanpa editing dan rekayasa. Hasil fotografi ini sering kita jumpai di koran-koran pemuat berita. Jadi intinya aliran ini adalah ilmunya para jurnalis-jurnalis pencari berita alias wartawan. gitu.

2. Fotografi Landscape / Pemandangan

Fotografi landscape adalah fotografi yang objek utamanya adalah pemandangan-pemandangan alam, seperti pegunungan, pedesaan, pantai, dan masih banyak lagi.

3. Fotografi Makro

Fotografi makro adalah jenis aliran fotografi yang objek utamanya adalah benda-benda kecil dan hewan-hewan kecil seperti serangga, bulir-bulir embun, bunga, dan masih banyak lagi. Cara pengambilan gambar dalam fotografi makro ini harus menggunakan lensa khusus fotografi makro, namun juga bisa menggunakan tambahan extension tube ato filter close up dan mengambilnya harus dari jarak yang dekat. gitu.

4. Fotografi Mikro

Fotografi mikro sedikit sama dengan fotografi makro, yaitu objeknya adalah benda-benda kecil, namun ini lebih kecil lagi. Fotografi ini harus menggunakan kamera dan lensa khusus, lebih sering ini dibutuhkan saat penelitian-penelitian ilmiah dalam bidang ilmu biologi, astronomi, dan juga kedokteran.

5. Fotografi Potrait

Fotografi potrait adalah aliran fotografi yang sering merekam berbagai ekspresi wajah dari seseorang. Mulai dari senang, sedih, galau, menangis atau tertawa semua diabadikan dengan fotografi potrait. Sedikit ada kesamaan dengan fotografi fashion, foto model, cuman bedanya adalah kalo foto potrait lebih kearah suatu yang alami tanpa sadar, tapi kalo fotografi model lebih kearah seni dan keindahan. itu menurut saya.

6. Fotografi Street

Fotografi street atau fotografi jalanan. Yaitu aliran fotografi yang lebih suka merekam kegiatan atau momen-momen yang ada dijalan, taman, dan mall. Seperti orang ketika menyeberang di zebra cross, orang jalan-jalan dimall, ya pokoknya seperti itulah definisi dari fotografi street itu sendiri. Kurang lebihnya ditambah dan dikurang sendiri :D ini lihat disini biar lebih jelas.

7. Fotografi Fashion

Fotografi fashion adalah aliran fotografi yang lebih sering memotret para model. Yang sering kita jumpai ketika kita membeli majalah, terutama majalah fashion, seperti pakaian, aksesoris, kosmetik, sepatu dan lain sebagainya. Apa yang kita liat didalam majalah ketika nampang foto model yang berpose dengan menggunakan berbagai aksesoris, adalah termasuk jenis aliran fotografi fashion. Gitu.

8. Fotografi Panning

Fotografi panning adalah salah satu aliran fotografi yang suka mengabaikan benda yang bergerak, seperti sepeda, motor, mobil, atau hewan yang sedang berlari. Tehnik pengambilannya adalah dengan mengikuti benda yang bergerak dan difokuskan pada satu titik benda yang akan kita foto. Sehingga hasilnya nanti objek yang kita target bisa terlihat jelas dan sampingnya terlihat ngeblur bergaris. selengkapnya contoh hasil foto dan tehniknya.

9. Fotografi Human Interest

Human interest adalah jenis aliran fotografi yang hasilnya seakan-akan mampu menceritakan apa yang dilakukan oleh objek yang di foto.

10. Fotografi Still Life

Fotografi still life adalah aliran fotografi dengan objek utamanya adalah benda mati, seperti buah-buahan, bunga, dan lain-lain. Pokoknya benda mati, kalo gamati ya matiin dulu :D Aliran ini itu ada kesamaan dengan fotografi makro, cuman bedanya adalah hidup dan mati tadi. Udah gitu. faham kan? haha :D Ini nih contohnya. klik disini. cekidot!

11. Fotografi Comercial Advertising/Periklanan

Fotografi Periklanan adalah aliran fotografi yang hasil fotonya biasanya dibuat lebih menarik dengan bantuan software editing foto, dengan tujuan untuk keperluan promosi iklan.

12. Fotografi Arial

Fotografi arial adalah fotografi yang cara pengambilan gambarnya dari udara. Biasanya pengambilan foto ini adalah dengan menggunakan pesawat terbang, parasut, balon udara, atau juga bisa juga dengan pesawat remote control. Gitu.

13. Fotografi Balistik

Balistik Fotografi adalah jenis aliran fotografi yang pengambilan foto dari benda-benda yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Seperti foto peluru yang ditembakkan. Dibutuhkan perangkat kamera dan aksesoris khusus untuk mampu mengabadikannya.

14. Fotografi Peperangan

Fotografi peperangan adalah aliran fotografi yang merekam gambar disaat terjadi perang disuatu tempat. Fotografi ini bukan hanya tehnik pengambilan gambar yang dibutuhkan, namun juga keberanian mental yang tinggi untuk benar-benar bisa mendapatkan momen perang yang sedang terjadi.

15. Fotografi Night Shoot

Fotografi Night Shoot, aliran fotografi yang merekam momen-momen pada malam hari. Seperti keindahan lampu kota, lampu lampu pinggir sungai, dan masih banyak lagi.

16. Fotografi Vernacular

Fotografi Vernacular adalah aliran yang bisa dikatakan untuk para fotografer amatiran. Sebab foto-foto yang diambil adalah momen-momen umum, tidak terkonsep. Seperti foto-foto ketika liburan, foto-foto keluarga, foto teman, dll sebagainya.

Yaps, demikian beberapa tema fotografi. Sebenarnya masih banyak jenis tema yang lain. Namun untuk saat ini kebanyakan anggota kamivmenggunakan tema diatas... Barang kali jika nanti ada yang request tema lagi bisa kita Approve...


By :  Budi coferONE Jepara

Pos ini memiliki 0 komentar


EmoticonEmoticon