Senin, 02 Mei 2016

Panorama Pantai Ujung Negoro Batang

Panorama pantai selalu menarik untuk dikunjungi. Bersyukur bahwa destinasi wisata pantai sangat kaya di tanah air. Tentu saja karena negeri kita adalah negeri kepulauan. Wisata pantai menjadi destinasi favorit yang layak dikembangkan. Di Jawa Tengah pantai dapat ditemui di jalur panjang pantai selatan dan utara. Pantai di selatan terkenal dengan panorama ombak, karang dan pasir putih yang mempesona. Namun tak kalah menariknya dalah pantai utara. Kekayaan panorama pantai nan eksotisme ternyata banyak ditemui di sepanjang jalur lintasan daratan dan laut pantai utara atau lebih dikenal dengan singkatan pantura.

Saya sebut salah satu pantai di pantura yang pernah saya kunjungi. Pantai Ujung Negoro namanya. Masuk kawasan Desa Ujungnegoro, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Pantai ini dekat dengan jalur darat utama, yaitu Jalan pantura. Posisinya terletak di pantai utara Batang berjarak 14 km arah timur laut dari Kota Batang. Bagian tepi pantai memiliki ketinggian 14 m dari permukaan air laut. Sebuah ketinggian yang disebut-sebut jarang ditemui di sepanjang pantai utara Jawa.

Pantai ini membentang dengan hamparan panorama pasir, batuan laut serta tebing laut. Kondisinya masih sangat alami meski ada bangunan pelengkap yang memang dibangun oleh pemerintah daerah setempat untuk memperindah pantai Ujung Negoro menjadi destinasi wisata alam. Karakteristik Pantai Ujung Negoro adalah pantai landai, berpasir, bertebing, dan struktur dasar laut yang keras. Ombak tanpa henti mengalir dengan ketinggian yang aman. Air di sepanjang pantai cukup jernih. Apalagi bebatuan banyak ditemukan di salah satu bibir pantai. Benar-benar sebuah pemandangan yang indah dan eksotis. Berpadu dengan semburat terang sore yang mulai senja. Betul-betul indah.

Pantai ini lebih cocok dikunjungi saat sore hari, salah satu destinasi wisata sunset view yang indah. Disisi Barat laut terdapat bukit dimana dibawahnya terdapat banyak bebatuan, sehingga akan menambah nilai plus tersendiri bagi para pengunjung. Pasir pantainya berwarna coklat kehitaman dengan debit ombak yang ramah. Yang tidak kalah menyenangkan adalah bagi para wisatawan yang mengajak keluarga. Disini sudah disediakan taman bermain bagi anak kecil, sehingga tidak akan membuat si buah hati bosan kalau berkunjung kemari.

Ujung Negoro Beach

Disisi Barat tepatnya akan terlihat tulisan besar BATANG. Dengan warna warni yang beragam seperti pada gambar diatas. Di atasnya tulisan Batang tersebut terdapat bukit yang menambah nilai keindahan. Di sekitar pantai ujung negoro ini ada makam / petilasan dari Syaik Maulana Maghrib. Beliau adalah salah satu tokoh penyebar Islam di jaman kerajaan Demak.

Di depan tulisan Batang tersebut ada jalan setapak kecil yang bisa dilewati. Jika diurutkan jalanya maka akan sampailah ke bagian yang banyak bebatuannya. Disinilah biasanya para pengunjung singgah menikmati sunset dan yang gemar berfoto tak lupa mengabadikan momen-momen berharga ini. Pemandangan di sekitar bukit ini memang sangat indah, sayang sekali kalau saat anda berkunjung kemari tidak menjelajahi seisi objek wisata. Ohh ya sewaktu melewati jalan setapak tadi pengunjung akan melihat sebuah gua disebelah jalan persisi. Gua ini bernama gua Aswatama.

Fasilitas apa saja yang terdapat di Pantai ujung negoro?

Untuk masalah fasilitas umum yang ada di pantai ujung negoro juga sudah lumayan lengkap, diantaranya ada
  • Mushola
  • Toilet
  • Ruang ganti / MCK
  • Area parkir yang luas dan nyaman
  • Warung makan / kantin
  • Wahana permainan anak
  • Gardu pandang
  • Tempat sampah
Jika memang cuaca sedang baik dari sini pengunjung bisa melihat banyak prahu prahu nelayan berlalu lalang di tengah tengah pantai, mereka seolah tak kenal lelah mengarungi laut demi mencari rejeki. Bagi anda yang datang dari jauh-jauh atau hanya sekedar mampir, tak ada salahnya jika merogoh kocek untuk membeli berbagai ikan mentah yang dijual di sekitar pantai.

Bagaimana mencapai lokasi pantai negoro?

Melihat sarana jalan menuju pantai, Pantai Ujungnegoro sangat mudah dijangkau. Bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. jarak lokasi dari jalan pantura sekitar 7 kilometer. Jalan melewati perkampungan, ladang dan hutan kecil. Ada gapura yang menjadi pertanda lokasi pantai ini. Pengunjung juga hanya dikenai ongkos murah. Tiket masuk hanya Rp. 3000 per orang. tariff parkir untuk motor Rp. 1000,- Mobil Rp. 2000,- dan truk Rp. 4000,-.

Pos ini memiliki 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement